https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SUPERITEM SECARA KOOPERATIF | Riyaningsih | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SUPERITEM SECARA KOOPERATIF

Multiana Riyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan, penilaian acuan norma (PAN), dan perhitungan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dengan lembar observasi pada siklus I mencapai 24% dan meningkat pada siklus II menjadi 83% siswa yang memperoleh nilai dalam kategori minimal baik. Siswa dalam kategori minimal baik adalah siswa yang berpartisipasi aktif dan tidak malu untuk bertanya. Sedangkan hasil tes pemahaman konsep dengan menggunakan pendekatan pembelajaran superitem secara kooperatif mencapai 34,48% dan meningkat pada siklus II menjadi 75,86% siswa yang memperoleh nilai dalam kategori minimal baik. Siswa dalam kategori minimal baik adalah siswa yang mampu menyebutkan contoh suatu konsep dan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep.

 

Kata kunci: pemahaman konsep, keaktifan belajar, superitem, kooperatif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i1.3567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.